Senin, 05 Maret 2018

(081235558859) Manajemen Unit Gawat Darurat


Unit Gawat Darurat adalah tempat dimana tenaga kesehatan menangani pasien yang berada dalam kondisi gawat dan darurat.

Manajemen Unit Gawat Darurat

Gawat artinya kondisi yang mengancam nyawa atau fungsi organ, sedangkan darurat artinya terjadi secara mendadak atau sewaktu-waktu sehingga urgen atau harus segera ditangani.

Sedangkan intensive care unit sebagaimana namanya adalah ruangan dimana pasien sakit berat dan kritis dirawat secara khusus, dengan perlengkapan khusus, dipantau secara ketat dan dilakukan total care.

Jadi memang perbedaan antara UGD dan ICU ya dari penanganan, pemantauan, dan perawatannya. Penanganan di UGD adalah penanganan awal yang mampu atau sementara waktu dapat menyelamatkan nyawa atau fungsi organ pasien.

Setelah itu jika memang perlu pemantauan dan perawatan ketat, pasien dapat dimasukkan ke ICU.

Perawatan di IGD biasanya maksimal hanya 24 jam sementara di ICU dalam jangka panjang, berhari-hari bahkan hitungan bulan.

Selain itu ruang perawatan di ICU terbatas, sedangkan untuk IGD berapapun pasien yang masuk harus diterima dan ditangani.

Manajemen Unit Gawat Darurat

Banyak orang merasa asing dengan perbedaan antara Intensive Care Unit (ICU) dan Instalasi Gawat Darurat (IGD), termasuk di kalangan tenaga kesehatan sendiri.

Misalnya saja dalam kasus yang baru mencuat belakangan ini mengenai Bayi Debora yang tidak tertolong karena "terlambat" masuk ruang PICU (Pediatric Intensive Care Unit).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar