Kamis, 01 Maret 2018

(081235558859) Sejarah Rumah Sakit Sumber Waras


Rumah Sakit (RS) Sumber Waras berdiri berkat dedikasi seorang dokter bernama J. Suwanta Sinarya. Di awal tahun 1982, dr. J. Suwanta Sinarya memulai jurnal pengabdiannya sebagai dokter dan Kepala Puskesmas di Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Saat itu di wilayah kecamatan ciwaringin masih minim fasilitas kesehatan. 

Sejarah Rumah Sakit Sumber Waras

Tingginya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan berbenturan dengan keterbatasan dan kemampuan puskesmas setempat. 

Hal inilah yang menjadi motivasi dasar dr. J. Suwanta Sinarya untuk membuka praktek sendiri.

Tahun 1989, sebuah klinik didirikan di atas sebidang tanah milik dr. Suwanta, dan di tahun yang sama dibangun pula laboratorium pratama. 

Semakin tingginya kebutuhan medis masyarakat setempat ditambah layanan pribadi dr. Suwanta yang memuaskan menjadi pendorong perkembangan tempat praktek. 

Secara bertahap layanan dan fasilitas kesehatan terus berkembang.

Setelah melalui proses panjang serta dukungan beberapa rekan medis, dr. Suwanta berhasil mendirikan rumah sakit yang diberi nama RS Sumber Waras.


Pada mulanya daya tampung RS Sumber Waras sangat terbatas. 

Kapasitas bed hanya tersedia 25 bed dengan layanan penyakit anak, penyakit dalam, penyakit syaraf serta layanan dan fasilitas bedah ringan.

Sejarah Rumah Sakit Sumber Waras

Seiring berjalannya waktu, RS Sumber Waras makin berbenah dan mengembangkan diri. 

Tahun 2008 sarana gedung pun dibangun dan pada paruh waktu pertama tahun 2009 sarana dan fasilitas medis makin lengkap dengan hadirnya gedung baru yang dinamakan Gedung Irene.

Untuk makin meningkatkan pelayanan kepada para pasien, RS Sumber Waras di tahun 2013 ini juga merencanakan pembangunan gedung baru dengan merenovasi total bangunan lama bekas rumah tinggal dr. Suwanta.

 Dengan dibangunnya gedung baru ini, fasilitas medis di RS Sumber Waras akan semakin lengkap dan pelayanan kepada para pasien akan semakin optimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar